19 April 2013

#2. Cahaya dari Bunga Sakura


Setelah berpetualang ke berbagai kota, gue akhirnya tiba di Jakarta. Kota yang penuh kesibukan, asep knalpot dan banci ga berkutang. Di kota inilah gue tumbuh dewasa dan mendapatkan jati diri yang sebenarnya. Ya karena disinilah gue keluar dari masa bocah ingusan dan pindah ke masa bocah labil. Kenapa labil? Karena pada masa-masa ini seorang anak mencari jati diri dan mulai hidup mandiri, mereka udah bisa berpikir sendiri, udah bisa nentuin keputusan sendiri bahkan udah bisa cebok sendiri. Ya masa setelah lulus SD yaitu.. SMP. Gue masuk ke SMP unggulan di Jakarta Selatan, sebenernya gue gamau masuk situ, gue masuk sini karena tuntutan dari nyokap dan jangan tanya alasan dia apa, karena gue gamau tau. Tapi belakangan ini, gue nyadar kalo nyokap ga nyuruh gue sekolah disini gue ga bakal bisa ketemu dia. Cewe yang bisa gue bilang dialah First Love gue, dan ga kaya cinta binatang ragunan yang gampang untuk dilupain.

Vicka nama cewe ini, pertemuan kita pun awalnya ga sengaja. Gue yang emang kerajinan suka berangkat sekolah pagi ga sengaja ketemu seorang cewe berkacamata lagi jalan sama ibunya ke sekolah gue. Si Cewe ini pake seragam tapi gue yang udah kelas 2 ga kenal siapa dia, sehingga gue mengambil keputusan mungkin dia adalah anak baru. Dan dugaan gue bener dia emang anak baru, temen gue yang ngasih tau. Kenapa dia ngasih tau gue? Itu karena sebelumnya gue cerita tentang anak ini ke dia dan dia ngira gue suka ma ni cewe. Ya gila kali, ga kenal baru ketemu Cuma papa an lagi, mana bisa suka itu yang ada dipikiran gue waktu itu. Tapi ya sialnya, ni cewe masuk ke kelasnya temen gue yang ngatain gue tadi. Dan tindakan gilanya pun dimulai, dia mau ngenalin gue ke vicka.

Gue stress, gue lari-lari, guling-guling, buka celana trus jongkok di WC, yak gue kebelet. Jangan pikirin bagian dimana gue di WC (siapa juga yang mau mikirin), sekarang lanjut ke bagian dimana satu angkatan ngeroyok gue biar gue ga bisa kabur. Haha gue di SMP ini cukup eksis, ga kaya pas di jaman TK dulu. Setelah gue compang-camping, sepatu sebelah ilang entah kemana, rambut udah ga jelas modelnya, muka udah ga jelas bentuknya (ya itu emang sih) temen gue baru ngegiring Vicka ke keTKP. Gue shock, gue udah ga bisa lari, ga bisa kabur bahkan meskipun gue bilang gue lagi kebelet, mereka udah nyediain pispot. Pas Vicka udah berdiri di depan gue, gue Cuma bisa berdiri kaku kaya gagang sapu. Karena ga kuat sama sorakan temen-temen gue yang udah kaya vuvuzela piala dunia, akhirnya gue kenalan.
Gue sodorin tangan gue sambil bilang,”nama gue Pierre, nama lo siapa?”
 Dia tersenyum sambil nyalamin tangan gue,”nama gue Vicka”
Yak yang gue dapatkan adalah cewe berkacamata yang gelies berlogat sunda, dia pasti asalnya dari Medan. Gue pun nanya lagi (buat basa basi karena tuntutan scenario),”sebelumnya sekolah dimana?”

”Bandung”

 Udah sampe situ gue beraninya, nyali gue udah mentok. Gimana ga malu, dengan keadaan rombeng kenalan ama cewe sambil diliatin sama satu angkatan. Gue berniat bunuh diri dengan nusukin pensil 2B ke hidung setelah itu, tapi ga jadi kasian pensilnya masuk idung gue.

“sa.. salam kenal ya hehe”
“iya” jawabnya dengan nada yang alus banget kaya aspal udah kering.

Dan BOOOOOM!!!!! Ledakan kata CIE  dari satu angkatan udah terjadi. Sebenernya gapapa sih kenalan sama dia, tapi hasil keroyokannya yang bikin gue malu. Setelah itu dia pergi, yang lainya bubar dan gue berpetualang nyari sepatu gue yang ilang tau dah kemana.

Setelah beberapa hari lewat, ga ada apa-apa lagi antar gue dan Vicka. Kita Cuma sering papas an kalo lagi di koridor dan di kantin, tapi sama sekali ga bertegur sapa, ngelirik pun nggak (dia, kalo gue mah ngelirik hehe). Mungkin bagi dia kenalan kemaren Cuma suatu hal yang biasa, ga ada spesial-spesialnya. Kenapa tiba-tiba gue ngomong begini? Itu karena sehabis kenalan sehri setelahnya, gue ga sengaja mimpiin dia padahal gue ga mikirin dia. Dan mungkin karena itu, gue mulai suka ama dia. Segampang itukah? Iya, rasa suka gue emang gampang muncul, eits tapi dijamin susah ilangnya. Sejak itu gue terus melakukan hobi gue, ngupil eh bukan yang itu tapi hobi gue yang lain yaitu menggambar. Ya dialah objek gambar gue, ya ga bagus-bagus amat tapi cukuplah buat nanggulangin rasa yang kayanya ga bakal kesampaian ini.

Bulan demi bulan udah kelewat, sekarang gue udah naik kelas 3. Kelas dimana gue udah harus belajar giat buat UN dan buat masuk SMA. Tapi gue malah dapet durian jatoh (untung ga kena kepala) maksudnya, gue malah dapet rejeki yang mungkin bisa juga dibilang sial. Gue sekelas sama Vicka, kenapa gue bilang sial, itu karena gue udah harus siap buat jaim terus dikelas. Gue ga bisa lagi teriak-teriak, lari-lari, ngupil sambil kayang dan ngapus papan tulis dengan goyangan yang hot. Sekarang gue harus terlihat pintar, berwibawa dan cool dikelas biar ga ada pandangan negative dari dia ke gue. Tpi mau gimana lagi, udah kodratnya gue begini tetep aja gila.

Ga ada 2 minggu setelah belajar dikelas 3, buku scetch yang isinya gambar Vicka dicolong temen gue dan di tunjukin ke Vicka. Sesuatu yang gue ga mau kejadian akhirnya kejadian, Vicka dan anak satu kelas tau gue suka Vicka. Lah apa yang ada dipikiran Vicka waktu itu, gue cowo yang yang baru dikenalnya, ga pernah ngobrol, sms (nomor hp aja ga punya), bahkan nyapa pun nggak tapi bisa suka ma dia. Anak gorilla kecebur got! Udah ancur reputasi gue, entah apa yang bakal kejadian besok.

SAMBEL! Besoknya temen gue yang notabennya sahabatnya Vicka nyolong HP gue, ditahan ma dia.

“HP lo gue tahan, kecuali lo mau nembak Vicka hari ini juga baru gue balikin”

Bagi gue HP udah kaya kolor, penting buat dibawa kemana-mana dan ga bakal sedetik pun terlepas dari gue. Jadi dengan penuh kegigihan gue memohon biar HP gue balik tanpa syarat. Gue sempet nawarin barter sama kolor gue yang gue anggep sama pentingnya bagi gue tapi dia ga mau.

Entah ini kebetulan atau apa, semalem sebelumnya gue udah gambar dibuku scetch gue 4 kotak dengan isi gambar yang berbeda. Kotak pertama  gambar huruf “i”, kotak kedua bergambar HATI berwarna merah, kotak ketiga gambar bayangan orang yang nunjuk ke depan ditelunjuknya dikasih huruf “U” dan kotak terakir gambar muka dia sama balon suara (yang kaya di komik-komik). Kalo ditanya tujuan gue ngebuat ini apa ya emang buat nembak dia, tapi ga hari itu juga.

Pulang sekolah, HP gue masih ditahan bahkan dikempit di keteknya. Gue bingung gatau mau ngapain lagi, akhirnya gue terima kesepakatan itu. Dengan nekatnya gue nembak dia, di dalem kelas, ditonton sama satu angkatn dari luar kelas.

“hmm maaf ya ngeganggu” kata gue gugup gumpita
“oh gapapa ko, emang ada apa?”
“gue gatau harus ngomong apa, hmm lewat gambar ini semoga lo tau apa maksud gue dan lo jawabnya disini juga” kata gue sambil ngasih gambar 4 kotak tadi

Dia ngambil gambar itu, dia bawa agak jauh dari gue. Temen yang dampingin gue nyuruh gue nunggu sambil duduk dulu. Gue ga berani liat ke arah Vicka, sekarang gue udah kaya orang nahan pup selama 7 tahun. Keringet dingin bercucuran sampe temen gue buka lapak air minum dingin gratis. Akhirnya dia beranjak dari tempatnya tadi, begitu pun gue. Dia ngasih gambar itu gue masih ga mau liat, gue lirik pelan-pelan dan yak!! Gue diterima!!!!!! Meskipun Cuma ada kata “ya” di dalem balon suaranya itu udah menandakan dia nerima gue. Sorakan dari temen-temen gue pun meluap dan keroyokan pun kembali terjadi, gue kembali compang-camping . Alhamdulillah, ajaib memang tanpa pdkt, tanpa smsan, bahkan nyapa pun nggak, gue dan dia bisa jadian. Cinta memang terkadang sulit untuk dimengerti.

Iya, sangat sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar