19 April 2013

#1. Arti Dibalik Sebuah Tulisan


Gue sekarang mau mulai menceritakan tentang kisah cinta gue sejauh ini. Dimulai dari gue SD, orang bilang cinta jaman SD itu Cuma cinta monyet. Gue sendiri gatau apa arti dari cinta monyet itu sendiri, mungkin kalo kita jatuh cinta muka kita jadi kaya monyet atau kita jalannya ngerangkak sambil nunjukin bemper belakang ke orang-orang. Tapi yang gue tau dari cinta monyet adalah gampang dateng dan gampang banget lupa. Dimulai dari Pingkan, dia orangnya putih, cantik, wangi dan rapi tapi juga rada bawel. Gue sama dia udah temenan sejak TK. Gue dan dia sebelumnya bagaikan Putri dan Babu kayanya. Soalnya dia itu banyak temennya, sedangkan gue.. anak baru selalu menyendiri. Ya, gue anak baru di TK itu, setaun sebelumnya gue keluar dari TK gue sebelum ini karena gue tertindas. Tertindas karena tingkah laku temen gue yang gue sendiri ga tau dia kenapa, hobi banget jedotin kepala gue ke tembok. Mungkin karena dia muka gue jadi kaya lemper keinjek.

Kembali ke Pingkan, hubungan kita deket karena satu hal, keeksisan nyokap gue. Ibu-ibu mana yang ga jadi temen nyokap gue, sampe tukang sayur bangkrut yang numpang lewat pun bias jadi temen beliau. Gue ga nyangka keakraban nyokap gue dan nyokapnya Pingkan bias ngebuat Pingkan deket sama gue. Kesepakatan nyokap gue dengan nyokapnya Pingkan yang pertama, gue dan Pingkan harus se-SD. Tujuannya? Gue gatau juga, mungkin nyokapnya Pingkan gamau liat anaknya kerepotan jadi ngasih pembantu buat dia yaitu gue. Tapi diluar dugaan, sejak pertama kali masuk SD gue dan dia sekelas, pada jaman itu SD kelasnya dibagi 2 (ya sampe sekarang juga masih sih). Hal yang lebih mengejutkan adalah setiap hari Pingkan selalu duduk disebelah gue. Setiap hari sampai akhirnya kita naik ke kelas 2, dan setelah penentuan kelas kita kembali satu kelas. Hubungan nyokap gue dan nyokapnya Pingkan juga makin deket. Entah apa aja yang mereka obrolin sampe bisa sedeket itu, sampe ngebuat nyokap betah banget nempelin kupingnya ke telepon selama berjam-jam.

Di kelas 2 ini, Pingakan nemuin sesuatu yang baru. Sesuatu yang bahkan ampe sekarang gue gatau maksudnya apa. Setiap pagi dia selalu nulis huruf P s P di telapak tangan gue dan di telapak tangan dia. Pas gue tanya katanya itu singkatan dari Pierre sahabat Pingkan (buat yang ditelapak gue) dan sebaliknya di telapak dia. Tapi gue bingung kenapa di huruf “s” selalu didalem bingkai HATI? 
Saat itu dia selalu ngomong sesuatu yang sama,”kita bakal gini terus ya..”
Gue cuma mengangguk, karena jujur gue gatau mau ngapain. Mau kencing tapi belom kebelet.
Tentang logo hati yang ada huruf “s”nya, gue pikir itu logo versus, intinya dia ngajak berantem, gue sih siap tinggal berantem apa susahnya gue udah sering nonton pertarungan Giant vs Nobita di TV dan gue selalu ingin jadi Nobita (selalu bonyok diakhir pertarungan terus lapor doraemon sambil mewek). Ternyata pas gue ga sengaja nonton sinetron, maksud dari hati itu adalah CINTA. Karena masih kecil gue gatau cinta itu apa, jadi gue ga pernah mikirin. Ga cukup sampe disitu kesepakatan kedua nyokap gue dengan nyokapnya Pingkan yang cukup mecengangkan sampe ngebuat gue diopname selama berbulan-bulan adalah gue mau dijodohin sama Pingkan. Buset, masih jaman jodoh-jodohan? Lagi pula gue waktu itu masih SD kelas 2 dan lagu Siti Nurbayanya DEWA 19 baru keluar, emang mereka ga dengerin tuh lagu? Sekali lagi karena gue masih kecil gue Cuma bisa pasrah.

Mau naik ke kelas 3, disini drama mulai terjadi. Gue dan dia udah sadar akan hubungan yang ga wajar ini. Dimulai saat pengundian kelas, setiap anak maju ke depan kelas ngambil satu kertas dimana didalemnya adalah kelas yang mereka dapetin A atau B. Saat gue maju dan ngambil undian, gue dapet B dari kelas 1 sampe kelas 2 gue selalu dapet B, mungkin cocok sama cirri khas gue.. bau. Pas Pingkan maju dan ambil undiannya dia dapet kelas A, yak kita misah. Pingkan keliatan lesu tapi masih cakep, gue cuma bengong sambil sesekali meler ingus dan pastinya muka beler gue selalu terpampang  jelas.  Pingkan balik ke meja undian, gebrak meja dan ngomong sesuatu ke guru. Setelah itu dia balik dan tersenyum kea rah gue, ha!? Ternyata dia minta kelas yang sama am ague dan permintaan itu pun dikabulkan, wow sekolah yang praktis sekali tinggal gebrak meja bisa pindah kelas lain kali gue mau gebrak pintu kali aja pindah negara. Setelah itu hari demi hari berjalan kaya biasanya yang beda sekarang kaki kanan dia dan kaki kiri gue selalu berdempetan, istilahnya nempel kaya perangko yang dikasi lem. Gue sih pw aja, berhubung emang rada anget klo begini hehe. Yang gue ga tahan sorakan dari temen-temen sekelas yang udah kaya di iklan Permen, setiap mau ngomong disorakin CIEEEEEEE....

Sebelum catur wulan 1 (bahasa beken sekarang, Semester 1) ada berita yang amat teramat mengejutkan. Gue pindah sekolah bahkan pindah kota, ini hasil dari perundingan bokap dan nyokap karena bokap  dapet tugas diluar kota dan sekeluarga harus ikut. Dimulailah hari-hari terakir gue sama Pingkan. Cukup mengharukan dimana dia selalu deket sama gue, berdua kemana-mana (kecuali ke toilet) sekarang harus mulai bisa saling merelakan. Ketika hari perpisahan itu dateng, dia ngasih gue 3 hadiah buat gue. Yang pertama kotak pensil dengan gambar Barbie (yang sepertinya ga bakal kepake karena gue masih suka doraemon dan masih pengen jadi cowo), yang kedua selembar Foto dia waktu masih TK dengan senyuman dan gayanya yang lagi naik bom bom car, tegang. Yang terakir yaitu, tulisan P s P ditelapak tangan gue untuk yang terakir kalinya, bahkan dapet bonus air mata dari dia. Sumpah, gue gatau apa yang ada dipikiran dia saat itu, tapi yang ada dipikiran gue adalah ini bener-bener menyedihkan. Dan hadiah dari gue, sama kotak pensil bergambar doraemon hehe

Sambil tetep menundukan kepala dia bilang,”inget terus ya, jangan pernah lupain”. Kali ini gue ga Cuma mengangguk, gue menjawab,”ehm, pasti ga akan pernah dilupain”. Dia pergi, senyuman yang gue liat ini baru gue sadari adalah senyuman terakir darinya yang bisa gue liat.

Setelah gue tiba di kota yang baru, gue merasakan sesuatu ada yang hilang. Bukan cuma beberapa mainan gue yang sengaja ditinggal nyokap karena kebanyakan, tapi juga Pingkan. Gue kehilangan orang yang ngasih perhatian beda dari temen yang lain. Bagi gue dia ga cuma ngasih 3 hadiah ke gue, dia udah ngasih lebih yaitu kenangan. Kenangan yang punya arti beda kalo gue inget nanti dimasa tua, tentang rencana nyokap mau jodohin gue ma dia, dia bela-belain gebrak meja biar sekelas ma gue dan tulisan P s P yang sampe sekarang gue gatau maksudnya. Terima kasih Pingkan, gue akan selalu ingat tentang lo dan setiap gue liat telapak tangan gue, gue masih bisa liat tulisan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar