19 Juli 2012

Hindari pikiran tentang PHP


Sekali lagi, setelah sekian lama ga ngeblog karena kesibukan dan ingatan gue tentang blog ini yang lemah (maaf blog) gue ngaku gue jarang posting. Tapi gue harap gue ga bilang mulai sekarang gue bakal rajin posting ke blog ini, karena gue juga ga yakin bakal mulai rajin ngeblog apa nggak. Jadi ya, berjalan seperti apa adanya aja.

Yak, kali ini gue mau membicarakan tentang sesuatu yang lagi marak di pergaulan anak muda jaman sekarang, mungkin bisa dibilang ini hasil pengembangan dari yang tenar duluan yaitu galau. Iya, siapa yang ga tau kata kata PHP. Apa itu PHP? Pria Hidung Panjang? Perempuan Hidung Pesek? Atau singkatan dari layanan delivery pizza?

Ok, itu PHD #pelesetangagal

PHP atau bila dipanjangkan menjadi, Pemberi Harapan Palsu adalah sejenis sebutan bagi mereka yang memberikan harapan palsu kepada seseorang. Kedengeran negatif? Memang. Kata kata ini terdengar kaya kata kata MUNTABER, atau muntah berak. Dimana kalo lo udah denger kata kata itu, lo bakal mikir yang negatif-negatif, bawaannya panas, amarah memuncak, sakit perut, mual-mual. Coba cek deh, mungkin lo kena MUNTABER beneran hehe. Namun, kalau ditelaah sebenernya konsep PHP sendiri hanya bisa dirasakan dan dialami oleh yang kena PHP itu sendiri. Pasti dimana mana kita dengernya,”Men, gue abis di PHP in nih, sedih abis”. Nah, dari cara kita memakai kata PHP aja udah salah, mana ada kata kata di PHP in? kalo di panjangin kan jadinya, di pemberi harapan palsuin. Apa itu artinya?

Tapi harus diakuin, semenjak kata kata itu tenar, banyak orang yang merasa jadi korban PHP. Ada beberapa kalimat yang mungkin familiar di telinga kita.
“gue di unfollow ama dia, PHP abis”
“anjrit, gue udah bawa bawa payung gara-gara tadi mendung, eh ga jadi ujan, PHP banget”
“tuh dosen PHP banget, masa gue dikasi nilai C”
Seperti halnya seniornya yaitu galau, kata kata PHP sudah melenceng penggunaannya. Pokoknya kalo lo ngomong PHP, lo anak gaul.

Faktanya, PHP biasanya dirasain sama si korbannya. Dalam kata lain, di pihak yang ngerasa di PHP in aja. Dari sini bisa dilihat, mungkin dasar PHP adalah dimana kita merasa udah disanjung sanjung, udah ditinggi tinggiin tapi kenyataan diakhirnya ga sesuai harapan kita. Dan voila, kita kena PHP. Tapi coba deh dipikir-pikir lagi, apa bener orang itu PHP? Apa ga karena kitanya aja yang kepedean duluan? Hayo dipikirin lagi *mikir*. Kenapa gue bilang kepedean? Hal ini karena biasanya yang ngalamin PHP rata rata adalah orang yang lagi jatuh cinta *brb muntah*. Orang yang jatuh cinta level kepedeannya akan meningkat dengan drastis, apapun hal yang dilakuin atau diucapkan oleh orang yang disukain akan dilihat kalo itu buat kita, si penyuka. Sehingga ketika kenyataannya berkata lain, kita selalu ngerasa dia yang salah, gue di PHP in.

Disini gue pengen ngasih tips ke kalian buat bedain mana yang PHP mana yang bukan, menurut sudut pandang gue. Supaya kalo kalian suka ama orang ga bakal berakhir sebagai korban PHP. Soalnya pemerintah belom bikin UU tentang korban PHP, jadi ada baiknya kita hindari dulu :P

1. Jangan cepet kepedean dan berpikir berlebihan
Hal ini adalah faktor yang paling umum yang bikin kita ngerasa di PHP in. dan sebenernya orang yang kaya gini biasanya lagi baru-barunya suka ama orang. Cuman, gue kasi saran aja, jangan terlalu kepedean atau mikir yang berlebihan. Apalagi kalo lo abis ngalamin suatu hal bersama doi, dan lo langsung kepedean dan terlalu cepat mengambil keputusan kalo doi suka juga ama lo. Kalo lo mikir kaya gini, ini fatal abis. Coba lo mikir biasa aja, buang dulu rasa kepedean lo. Lo pikir lagi, sebelum lo suka doi gini juga ga? Apa yang lo rasain ketika lo belom suka doi pada saat yang kaya gitu? Doi juga gitu ga ke orang lain? Sekali lagi, coba pikirin sambil ngesingkirin rasa kepedean lo dulu. Pasti lo ngerasa, oh iya ya, ini cuma hal yang biasa. Initinya sih tetep, jangan kepedean dan berusahalah berpikir biasa. Jangan pake perasaan cinta lo yang menggebu gebu itu, tapi kalo lo tetep bersikukuh selalu make rasa perasaan lo itu dan yakin “ini emang buat gue kok! Dia begini karena gue!” ya gue ga bisa ngelarang. Tapi nyesek tanggung sendiri yak :D

2. Buat yang lagi PDKT, inget kalo lo masih “temen”
Nah ini, menurut gue ini penting banget buat dinget. Rata rata korban PHP adalah seseorang yang sedang menjajaki periode PDKT. Dan ini jenis korban yang paling memperihatinkan, paling melas, paling menyedihkan, serasa mending mati nyeburin diri ke sungai, ngambang bareng si “kuning” dan jasadnya abis dimakan ikan cupang. Padahal cara yang paling mudah untuk menghindari hal ini selain jangan kepedean adalah, inget kalo lo masih di level temen. Orang yang jatuh cinta biasanya matanya dibutakan oleh perasaannya yang berbunga bunga dan ngerasa dirinya beda di mata orang yang disukain. Padahal belom tentu dimata orang yang lo suka, lo itu beda, kan doi belom tau. Doi udah tau pun, belom tentu lo dianggep beda juga, bisa aja ada banyak orang yang kaya lo gitu. Ok, gue tau kalinat gue semakin lama, semakin nyesek, gue juga ngerasa JLEB kok pas bikin ini. Jadi apa dia lakuin ke lo, kebaikan apapun itu, kedekatan apapun itu, coba liat sekeliling dulu. Mungkin itu hal yang biasa buat dia, lonya aja yang kepedean.

3. Jenis kedekatan dengan seseorang berbeda-beda, jangan terlalu cepat ngambil keputusan
Ini mungkin agak berat, karena jarang ada yang nyadar akan hal ini (menurut gue). Lo pernah ga ngerasa orang yang lo suka kok deket banget ama lo, perhatian, pokoknya kayanya beda gitu kalo dia ke orang lain. Eits, jangan terlalu cepat ngambil keputusan dulu, belom tentu doi suka lo. Seperti yang gue bilang, jenis kedekatan dengan seseorang tuh beda beda bagi setiap orang. Contohnya, mungkin karena lo orangnya asik, lucu, bisa buat dia enjoy kalo dia deket ama lo dengan cara seperti yang dia lakuin. Misalnya, dia suka ngegombalin lo, suka godain lo, belom tentu dia suka dan belom tentu juga dia PHP. Mungkin emang dia ngerasa lo orangnya lucu kalo lagi digituin, bikin dia mikir,”oh gue kalo mau temenan ama ni orang berarti harus gini biar deket”. Deket disini konteksnya beda, bukan berarti suka, just friend :)

4. Berkacalah dari diri sendiri
Ini ga nyesek kok. Maksudnya disini, coba lihatlah diri lo sendiri. Semua dari 3 tips sebelumnya sih, hal ini kuncinya. Cara lo bergaul dengan teman teman lo pasti beda beda kan, begitu pula orang yang lo suka. Jadi bukan berarti karena lo beda, dia suka ama lo. Lo juga mungkin pernah deket ama orang, suka godain dia juga. Nah ini yang terjadi ama orang yang lo suka juga, kebetulan orang yang digituin adalah lo. Kalo orang yang lo suka menurut lo salah, lo juga salah dong? Kalo menurut lo dia PHP? Lo juga PHP dong? Makanya berkacalah dari diri sendiri dulu.

Tips-tips diatas Cuma dari sudut pandang gue aja, jadi mungkin ada yang dimata kalian ini salah, ya gpp. Tapi inget sesuatu, lo suka ama dia, sayang, cinta atau apalah itu yang kalo gue sebutin malah bikin tambah mual, lo gamau kalo dia jahat kan? Dan lo ngejudge dia PHP karena rasa nyesek lo sendiri. Apa salah dia? Lo Cuma mau lari dari kenyataan kalo lo itu kepedean makanya ngejudge dia PHP. Berpikirlah, dia ga PHP, kalo dia PHP berarti dia jahat dong, dia ga jahat J. Merendahlah, gpp kok, justru jagoan yang asli adalah yang merendah dan tidak menjelek jelekan orang lain. Kasian kan, dia itu emang biasa ke lo tapi lo tiba tiba ngatain dia PHP. Lah, kaya lo nuduh orang maling ayam padahal dia lagi bawa mangga, dia maling mangga bukan ayam. Kecuali kalo dia emang ketauan PHP dengan bukti bukti yang nyata, dia jahat, gebukin dia, arak keliling kampung, KEBIRI DIA!!!!!!!! Maaf, kebawa emosi.

Ok, segitu aja dulu. Bukan mau tambah bikin nyesek atau nyalahin kalian, Cuma mau membagi rasa aja. Biar kalian tenang dan bisa ngejalanin semua dengan tenang juga. Tips terakir buat yang lagi PDKT, kepo boleh, nyesek tanggung sendiri. Salam jomblo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar