18 September 2010

balada orang ga pulang kampung

mudik. mungkin adalah suatu kata yang dapat diartikan sebagai pulang ke kampung halaman. tentunya disaat Lebaran atau Hari Raya yang lain. tapi ga semua orang bisa beruntung buat mudik.

gue.
ya, gue ga mudik. bagi gue mudik bukan cuma berarti pulang ke kampung atau ke kota asal lahir kita. tapi mudik juga bisa berarti pulang ke tempat kita tinggal sebenernya. ya bagi gue kota itu adalah, Jakarta. kenapa Jakarta? kenapa ga ke tempat kelahiran gue di Jepang? *preeet*. selain ke jakarta lebih murah dan ga perlu paspor, gue aslinya juga tinggal di Jakarta meskipun gue lahir disini, di kota ini, di Malang.

sebenernya gue udah empeeeet banget disini, pengen banget balik ke Jakarta. apalagi sekarang adalah moment yang tepat. dimana orang-orang Jakarta pada mudik ke luar kota, gue malah mau ke Jakarta. dengan begitu kan gue ga perlu repot-repot desek-desekan kaya mereka yang lain. tapi ya begitulah gue ga pulang pun justru karena moment ini. gue udah lama ga lebaran di Malang, 6 tahun mungkin. jadi, sodara gue dan bokap gue menyuruh gue buat berlebaran dan berliburan (bersemedi juga) di Malang.

hari liburan pertama gue udah kaya pengemis belom makan 3 bulan, lemes banget. mana belom mandi dari pagi, gue harus rela liat tampang temen gue yang lagi siap-siap mau cabut dari kos ke Jakarta.dia semringah banget, sedangkan gue.
kaya Tapir diinjek T-Rex, penyet.

akhirnya setelah pamitan ama ibu kos, gue pun pergi ke rumah om gue. lumayan disana bisa nonton TV, DVD, tidur ditempat yang lebih nyaman, makan ga usah beli dan yang pasti bisa main gitar karena gitar gue, gue taro disana. tapi hal ini ga bisa menggantikan kerinduan gue pada Jakartaku tercinta. oh Jakarta, oh Jakartaku, ooooohhhhhh (kangen apa terangsang?)

pas gue sampe rumah om gue, ternyata. JENG JENG JENG! ada Dementor a.k.a nenek gue yang bawelnya naujubillah. (bukannya gue durhaka atau gimananya, tapi gue yakin lo juga ga bakal tahan ma ocehannya). jangan pikir dia kaya nenek-nenek pada umumnya, dia masih strong, masih demen kerja dan dia

orang Malaysia.

mana bahasanya gue kaga ngarti, kalo upin ipin enak ada subtitlenya lah ini, gue udah mencet remote dvd ampe jenggotan kaga muncul-muncul (iyalah, emang ngaruh!?). mana gue disuruh-suruh melulu, disuruh makanlah, bangun tidurlah, mandilah. padahal kalo kena air pagi-pagi badan gue kan bisa meleleh. udah gitu ceritaaaaaaaa melulu. apapun diceritain, ampe yang udah diceritain, diceritain lagi. sehari bisa 1 ensiklopedia abis kalo dia bacain, kecepatan berbicaranya 1000km/jam, maklum manusia 10525cc.

dan akhirnya datanglah hari yang ditunggu, LEBARAN! IDUL FITRI! minal aidzin wal faidzin ya semua, para blogger-blogger bila dari kata-kata saya ada yang nyangkut di hati, sodok aja siapa tau jatoh hehe. lebaran kali ini, lebaran pertama bokap gue ga ada disamping gue waktu Shalat ied, ga bisa bercengkrama dan sungkem ama bonyok di rumah. aduh aduh menyedihkan. hal ini sedikit berkurang pas gue dikasi THR ama Dementor. thanks dementor! :D

setelah bertangisan episode pertama, gue, om tante, om tante lagi, om lagi, sepupu, sepupu lagi dan dementor pergi berkeliling ke rumah sodara yang lain. first place adalah nyekar ke kuburan kakek buyut gue. tapi ada hal bego yang terjadi. om gue yang paling muda dan yang lain selain om ama tante gue yang tuaan, SALAH KUBURAN. mending kuburannya doang salah, tempat kuburannya aja beda. yang satu di daerah mananya malang yang satu dimana. aduh aduh.

second place, ke kuburannya Adik gue tersayang PUTRI SINAR KHASNA. ya dia udah 15 tahun disana, yang artinya sejak lahir dia udah meninggal :'). pertama dateng gue stak di depan gerbang.

gue lupa kuburannya dimana.

akhirnya gue jalan kesana, kemari, ke kiri, kanan, utara, selatan, timur, tenggara, barat daya, ke barat menggambil kitab suci ga ketemu-ketemu juga. setelah satu jam ternyata om gue manggil. dan ternyata kuburannya di tempat yang lain pada ngaso! kamfreeeettt kaga ada yang sadar. gue udah mandi keringet gini, mending wangi, bau kaya tai sapi dicampur bunga bangke.


setelah gue yang nyaris nangis sekarang, kita pergi ke tempat keluarga besar pada ngumpul. dan coba tebak, apakah gue disana akrab? NO! gue kaya kambing cengo digelitikin nyamuk, cuma mesam mesem sambil ngeliatin kaki gue. tapi ternyata ada sepupu gue disana. cewe, setaun lebih tua dari gue. dulu pas kecil pernah renang bareng, ganti baju bareng, bahkan mandi bareng. maklum masih kecil. sekarang doi jadi manis banget kaya gula jawa. coba bisa bareng-bareng lagi, makan bareng maksudnya *ngeles*

dan setelah selesai berkeliling dan cuma dengan mesam mesem. cring cring cring. duit ngalir sendiri. uhuhuuuuyyy! THR taun ini lumayan banyak. gue pun berhasil beli sepatu baru, kamus kanji dan... daan... duit gue pun abis. kaamfreeeeeeeeeeet!!!!!!!!!!!

hari demi hari pun berlalu, gue cuma tidur-tiduran, bermanja dengan kasur dan dvd. hingga tak terasa, gue ngompol eh bukan, ga terasa liburan udah mau abis. tinggal 1 hari. OH SHIIIIITTTTTTTTTT! gue belom ngerjain tugas sama sekali!!!!!!! mereka sudah menumpuk sobat! mereka sudah menumpuk! MENUMPUK!!!!!!!! sobat.

udahan dah storynya, gue mau nikmatin liburan ini. (tetep ga ngerjain tugas, ketauan malesnya). good bye everyone, have a nice day. senin udah mulai kuliah. konsentrasi ya!

salam cihuy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar